News

30 July 2020

Kejar Target 10 Juta UMKM Go Digital, Kemenkop UKM Gandeng Facebook Cs

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggandeng platform digital, seperti Facebook hingga Instagram untuk memfasilitasi UKM yang belum bisa bergabung dengan e-commerce. Hal ini dalam rangka mempercepat transformasi digitalisasi.

"Selain dengan teman-teman platform e-commerce, kami juga bekerja sama dengan facebook yang terdiri dari facebook sendiri, instagram, dan whatsapp," ujar Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam Konferensi Pers Kolaborasi dan Sinergi Program dan Kegiatan Kemenkop UKM dengan Platform Medsos, Rabu (29/7).

Hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, yang menargetkan 10 juta UKM go digital sampai dengan akhir 2020. "Target kita, saya kira akhir tahun 10 juta. Ini mudah-mudahan kita lampaui. Dan ada juga UMKM yang nggak bisa langsung jualan di market online, jadi bisa jualan lewat medsos," kata Teten.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari menyampaikan antusiasnya dalam kerjasama ini. Sebab, UKM merupakan komunitas terbesar yang ada di Facebook Group.

"Untuk kami, UKM ini adalah tulang punggung ekonomi dan komunitas terbesar di platform kami. Tujuan kami adalah bagaimana platform digital facebook bisa bekerja sama bersama pemerintah untuk membantu UKM cepat pulih. Bisa diakselerasi," kata Ruben.

Bentuk dari kerjasama ini yaitu termasuk pelatihan. Ruben menyebutkan hingga saat ini sudah ada 85 ribu UKM yang sudah dilatih oleh Facebook Group. Kedepannya, Facebook Group bersama dengan Smesco Indonesia akan menyasar sekitar 15 ibu UKM.

"Kami siap untuk melayani teman-teman UKM untuk membantu. Bukan hanya untuk memulihkan dan melayani pasar Indonesia, tapi bagaimana kita bisa menemukan mutiara baru diantara teman-teman UKM," jelasnya.

 

Source : https://www.merdeka.com/uang/kejar-target-10-juta-umkm-go-digital-kemenkop-ukm-gandeng-facebook-cs.html
           : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/0KvXlLrb-kemenkop-ukm-gandeng-facebook-cs-percepat-digitalisasi-umkm